Beranda > Tanda Peringatan untuk Membangunkan Umat Manusia > Kita Kehabisan Waktu

 

Share

Kita Kehabisan Waktu

Menurut semua bukti ilmiah dan semua bukti fisik yang terkini, kita tidak punya banyak waktu. Bahkan di kemudian hari, jika kita ingin menyelamatkan planet ini, itu tidak akan berhasil.

Ancaman yang disebabkan oleh pemanasan global dekat sekali, mereka sudah ada di sini, seperti yang Anda lihat melalui banyak bencana, gejolak, pengungsi iklim, fenomena di seluruh dunia.

Menurut para ilmuwan ahli, suhu atmosfer meningkat begitu tajam dimana kita tidak punya banyak waktu yang tersisa untuk berubah.

“Kita telah melewati titik kritis. Kita belum melewati titik tanpa harapan. Kita masih bisa berputar balik, tetapi itu memerlukan perputaran arah yang cepat” [i]
Dr. James Hansen, Ketua Institut Goddard NASA untuk Studi Luar Angkasa

Begitu banyak pemimpin dunia dan ilmuwan juga khawatir tentang hal ini. Sebenarnya, kita sudah tidak mampu menangani situasi semacam itu di tempat-tempat di mana pemanasan global sudah mencapai tingkatan yang ekstrem.

Beberapa negara dan masyarakat harus mengatasi situasi kekeringan yang memburuk. Tidak ada cukup air untuk membesarkan tanaman atau bahkan untuk minum. Sungai dan danau mereka mengering atau benar-benar hilang. Gletser mencair di banyak tempat secara dramatis dimana suatu saat ada banjir besar, dan segera setelah itu, kekeringan.

Jadi bagaimana kita menangani migrasi massal puluhan juta orang sekaligus karena penggurunan, meningkatnya permukaan air laut atau kerusakan permanen lahan pertanian? Ini sangat sulit dan bahkan mungkin mustahil.

Kita tidak siap sama sekali. Persiapan kita tidak cukup.

Kita harus menyelamatkan planet ini, supaya dapat kita tinggali, itu yang pertama. Karena jika semua es mencair, jika semua kutub mencair, dan kemudian jika laut menjadi panas, maka gas akan dilepaskan dari lautan, dan kita semua mungkin keracunan. Gasnya banyak sekali.

Jika Anda melihat ceramah Singapura [September, 1994], saya sudah memperingatkan bahwa kita harus mengubah cara hidup kita, jika tidak itu akan terlalu terlambat. Itu adalah 10 atau 15 tahun [yang lalu]. Atau sebelum itu, saya selalu berbicara tentang bagaimana kita membabat hutan di planet kita, makan daging dan semua itu memberikan kontribusi yang banyak bagi kerusakan di planet Bumi kita.

Para ilmuwan mengatakan banyak hal. Mereka mendengarkan sekarang, tapi saya hanya berharap mereka melakukannya dengan cepat. Hanya membutuhkan tindakan. Semua pemerintah di dunia benar-benar menganggapnya serius sekarang. Hanya saja saya khawatir tindakannya mungkin terlalu lambat, itu saja. Karena es berfungsi untuk memantulkan sinar matahari dan mengirimkannya kembali ke luar angkasa, tetapi es itu sekarang mencair begitu cepat dimana tidak ada pantulan yang cukup dan karena laut semakin panas, itu mencairkan es. Dan karena es mencair, laut semakin panas. Anda mengerti apa yang saya maksud, siklusnya?

Dengan cara seperti ini, bila mereka tidak memperbaikinya, [dalam] 2 atau 3 tahun, habis sudah. Tidak ada lagi. Ini sungguh mendesak.

 

[i] Dari “Ilmuwan: ‘Arktik Berteriak’: Pemanasan Global Mungkin Telah Melewati Titik Kritis,” Fox News, 12 Desember, 2007. Tersedia online di http://www.foxnews.com/story/0,2933,316501,00.html.

Sebelumnya   Berikutnya

Atas

Copyright © Crisis2Peace.org