Beranda > Maha Guru Ching Hai Berbicara kepada Pers pada 18 Desember 2010

 

Maha Guru Ching Hai Berbicara kepada Pers pada 18 Desember 2010

Salam, para anggota media Meksiko yang mulia dan ter–utama yang berada di Provinsi Quintana Roo. Saya sungguh ingin menyampaikan rasa penghargaan dan penghormatan saya, terutama, atas usaha dan komitmen Anda yang berani untuk melaporkan semua kebenaran dan segala berita penting, demi memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat umum.

Kita berada di sini hari ini untuk membicara–kan tentang situasi berbahaya di planet kita. Pertama-tama, marilah kita semua bersyukur kepada Surga yang telah melindungi kita selama ini. Kita masih hidup di sini untuk mengadakan diskusi hari ini. Ini semua berkat rahmat Tuhan, tentunya juga atas upaya fisik dan spiritual para warga Bumi dan semua makhluk suci di Bumi dan di Surga, sehingga dunia kita masih ada. Kita berterima kasih kepada mereka semua.

Dan melalui perhatian media yang peduli pada masalah ini juga, kita dapat berbicara bersama tentang solusinya. Saya telah hadir untuk memberi dukungan rendah hati saya atas usaha besar Anda dan dengan harapan bahwa Anda dapat menyelamatkan dunia kita, melalui pekerjaan Anda yang mulia dan berpengaruh, dari penyebab-penyebab merusak lebih lanjut yang sedang mengancam dunia kita saat ini. Semua ini dilakukan agar kita akan bisa terus hidup untuk melihat generasi masa depan kita, anak-anak kita, berkembang dalam kondisi yang lebih baik daripada yang kita alami sekarang.

Kondisi-kondisi ini, maafkan jika saya berkata, sudah semakin memburuk dan sangat mendesak. Sebagai contoh, kita sedang kehilangan gletser daratan dunia yang menyediakan air untuk lebih dari satu setengah miliar orang. Daerah-daerah yang menderita kekeringan sudah menjadi dua kali lipat lebih banyak dalam tiga dekade terakhir. Dan bencana kebakaran, banjir, dan badai kategori 5 menjadi lebih sering terjadi dan semakin ganas dari sebelumnya. Saat ini sudah ada sekitar 25-40 juta pengungsi iklim, yang dengan mudahnya bisa segera mencapai satu miliar dalam beberapa dekade mendatang. Kemana mereka akan pergi?

Sementara itu, gas-gas metana kuat yang tadinya beku di bawah permukaan Bumi telah menjadi bom waktu karena peningkatan suhu di Kutub Utara dan sekarang terkondisi dapat memicu perubahan iklim dengan mudahnya. Kita sedang hidup di skenario terburuk dan sekarang para ilmuwan sedang berteriak agar kita segera menekan rem darurat dengan kencang.

Namun, solusi yang kita usulkan, seperti memfokuskan pada pengurangan bahan bakar fosil, tidak akan memberikan hasil yang cukup cepat bagi kita karena karbon dioksida, sekali dilepaskan ke atmosfer, menetap di sana selama berabad-abad atau lebih. Para ilmuwan kini mengatakan bahwa kita harus mengambil keuntungan dari emisi jangka-pendek seperti metana—yang memanaskan atmosfer 100 kali lebih kuat daripada CO2 namun hilang dengan cepat, dalam waktu 9 atau 12 tahun, dan karbon hitam (atau jelaga)-yang menghasilkan 4.470 kali daya pemanasan yang lebih kuat daripada CO2 namun menghilang dalam waktu beberapa minggu. Ini adalah gas-gas perangkap panas yang sangat, sangat berbahaya tetapi bisa menghilang secara cepat. Jika kita menghilangkan mereka maka kita akan mendinginkan planet kita dalam beberapa tahun.

Jadi itu adalah rem darurat yang kita butuhkan, dan tempat untuk memulainya adalah dari industri peternakan. Karena industri peternakan, peternakan hewan, adalah sumber terbesar metana buatan-manusia; itu juga merupakan sumber karbon hitam, atau jelaga yang sangat besar, dan berjumlah paling sedikit 51% dari total emisi gas rumah kaca yang memanaskan planet kita.

Jadi jika kita menghentikan industri peternakan maka kita akan menghentikan pemanasan global—secara cepat dan sederhana. Selanjutnya, jika kita menggunakan semua lahan tanah di planet ini untuk menanam sayuran organik, maka kita akan menyerap 40% karbon dioksida dari atmosfer. So stop livestock industry, then consequently we have stopped like 91% of the heat, of the warming effect.

Tetapi ada lebih banyak alasan kuat untuk menghentikan industri peternakan dan produksi daging, yang saya yakin kita semua akan menyambut dengan baik karena ini merupakan solusi yang sangat murah namun adalah yang paling utama untuk banyak masalah serius yang sedang kita hadapi sekarang di planet kita. Peternakan hewan adalah seperti memproduksi makanan secara terbalik. Sebenarnya, “produk” nya adalah kelaparan, perang, kematian dan kehancuran, dan mungkin bahkan menghancurkan seluruh planet, seluruh kehidupan di planet ini. Tampaknya kita seperti sedang mengarah ke sana. Banyaknya efek samping seperti kekurangan air, krisis pangan, polusi air, udara, dan tanah, penggundulan hutan, penggurunan, zona mati lautan, dan hilangnya keanekaragaman hayati. Kita menggunakan hampir separuh dari pasokan gandum dunia untuk dituangkan ke industri daging dan susu, sebagian besar pasokan air kita, hampir separuh dari ikan global ditangkap untuk memberi makan ayam dan babi, dan 30% dari lahan di Bumi yang tanpa es. Dengan dua hektar lahan, kita hanya dapat menghidupi 1 pemakan daging atau 80 vegan sehat.

Berita baiknya adalah jika kita semua berhenti makan daging dan susu, kita bisa mendapatkan kembali semua ekosistem pelindung kita, menghentikan lebih dari 60% hilangnya keanekaragaman hayati, menghemat empat-perlima dari biaya ekonomi untuk mengurangi emisi dalam waktu 50 tahun, dan masih banyak, banyak lagi. Tentu saja, kita menyelamatkan nyawa, nyawa manusia, dengan menghentikan semua penyakit akibat konsumsi hewan, dan menghentikan pemanasan global untuk menyelamatkan planet kita.

Dan kita harus berhenti makan ikan juga karena industri ikan telah menyebabkan kehilangan luar biasa sebesar 90% dari ikan-ikan besar di lautan. Kita harus menghentikannya dalam rangka untuk menghidupkan kembali kehidupan laut dari tepi jurang keruntuhan saat ini. Kita juga bisa memperbaiki kesehatan umum dan menghentikan semua penyakit yang berhubungan dengan daging yang mematikan, penyakit kronis, penyakit fatal, segala macam penyakit, mulai dari penyakit jantung, kanker, hingga pandemi virus flu.

Apapun tanpa solusi vegan tidak akan berguna untuk situasi kita sekarang. Misalnya, meningkatkan budidaya ikan, bahkan dengan metode terbaik, masih tetap gagal untuk menghentikan pencemaran lautan skala besar. Dan ketika kita mengatakan kita berternak hewan secara “organik” atau menangkap metana dari kotoran untuk mengurangi emisi—metode ini juga masih sangat jauh dari harapan. Bahkan dalam kasus menangkap metana dari pupuk kandang, tiga kali jumlah tersebut masih dikeluarkan dari proses pencernaan ternak. Ditambah lagi, teknik ini tidak dapat dianggap energi bersih sama sekali, ketika pabrik peternakan yang sama menghancurkan lingkungan dengan puluhan cara lain.

Tapi semua hal yang telah saya laporkan kepada Anda ini, saya rasa Anda sudah mengetahui semuanya ataupun telah mengetahui sebagian. Dan kita mengucapkan terima kasih kepada semua ilmuwan baik dan para peneliti rajin di seluruh dunia. Tapi sekarang, ini adalah saat mendesak untuk membawa semua fakta-fakta darurat yang kita ketahui ini menjadi tindakan-tindakan yang konstruktif dan mempertahankan kehidupan. Kita harus membantu mengakhiri semua pembunuhan massal dari puluhan miliar hewan setahun, tidak hanya untuk menghentikan akibat bencana perubahan iklim, tetapi juga untuk menyelamatkan kebaikan sejati dari sifat kemanusiaan kita sendiri yang ada dalam hati kita.

Kita harus menyelamatkan kebaikan kasih kita, dengan hidup dan membiarkan hidup, dengan melindungi yang lemah dan tidak berdaya, karena kita adalah manusia, kita adalah anak-anak Tuhan. Kita harus bertindak seperti Tuhan: murah hati, penyayang, pelindung, penuh kasih dan baik. Semua agama telah mengajarkan kita hal yang sama pula, seperti tanpa kekerasan, hidup selaras dengan alam. Dunia membutuhkan tidak sekedar makanan dan uang, tetapi juga suntikan rohani. Sebenarnya, energi spiritual positif adalah hal yang telah mempertahankan dunia kita sampai sekarang, membantu kita untuk maju dan berkembang dalam berbagai cara.

Oleh karena itu, para wartawan yang terhormat, ibu dan bapak sekalian, misi mulia Anda tidak hanya untuk menyelamatkan planet ini, tapi juga untuk mengembalikan kebaikan hati manusia. Karena bagaimanapun, apa yang lebih bernilai untuk diselamatkan dibandingkan kualitas terbaik yang kita miliki dalam diri kita? Kita harus membentuk masa depan kita di atas kebajikan dan welas asih. Kemudian, semua generasi mendatang akan tumbuh makmur dan berkembang.

Anda memiliki doa tulus terbaik dan dukungan penuh saya. Semoga Surga memberkati Anda dan melindungi Anda, terutama saat bertugas.
Terima kasih karena sudah datang.
Gracias.

 

Sebelumnya   Berikutnya

Atas

Copyright © SupremeMasterTV.com